Selasa, 03 Februari 2015

GENRE MUSIK

Apasih genre musik itu??

Genre Musik adalah pengelompokan musik sesuai dengan kemiripannya satu sama lain. Musik juga dapat dikelompokan sesuai dengan kriteria lain, misalnya geografi. Sebuah genre dapat didefinisikan oleh teknik musik, gaya, konteks, dan tema musik

1.Genre Pop
Musik populer atau musik pop adalah nama untuk musik aliran didengar oleh khalayak yang lebih luas dan sebagian besar komersial.
Musik populer pertama kali dikembangkan di Amerika Serikat pada tahun 1920 di mana rekaman pertama kali dibuat oleh penemuan Thomas Edison, dibedakan dengan Musik Klasik, Musik Jazz, Musik Tradisional, Musik Blues, dan juga berkembang menjadi negara-negara lain di seluruh dunia.
Band - band Pop di Indonesia:
-Purple
Vierra-
-Dewa
-Wali
-THe Changcuters

2.Genre Reggae

Pada tahun 1968 bertahun-tahun dikenal sebagai kelahiran musik reggae. Sebenarnya tidak ada kejadian khusus yang menjadi penanda awal asal, kecuali untuk beralih selera musik Ska Jamaika dan Rocsteady, yang populer di kalangan muda pada paruh awal hingga akhir tahun 1960-an, irama musik baru tempo lebih lambat: reggae . Mungkin ingar-bingar dan cepat tempo Ska dan Rocksteady kurang hit oleh kondisi ekonomi dan sosial di Jamaika adalah stres.

Kata "reggae" diduga berasal dari pengucapan aksen Afrika dari kata "compang-camping" (canggung gerak-seperti tubuh berdebar pada orang-orang yang menari dengan ska musik atau reggae). Irama musik reggae sendiri dipengaruhi unsur-unsur musik R & B lahir di New Orleans, Soul, Rock, berirama Afro-Caribean (Calypso, Merengue, Rhumba) dan musik rakyat Jamaika yang disebut Mento, kaya dengan ritme Afrika. Irama musik yang banyak anggap sebagai prekursor dari reggae adalah ska dan rocksteady, bentuk R & B interpretasi musik yang berkembang di Jamaika yang sarat dengan Afro-Amerika pengaruh musik. Secara teknis dan musikal banyak eksplorasi yang dilakukan musisi Ska, seperti gemetar gitar terbalik (up-stroke), menempatkan tekanan nada lemah pada nada (sinkopasi) dan multi-ritmik drum beats yang kompleks.

Teknik dan musisi Ska Rocsteady dalam memainkan alat musik, musisi reggae ditiru oleh banyak. Tapi jauh lebih lambat tempo musik dengan gitar bass dan irama memalu lebih menonjol. Vokal yang berat dengan lagu-lagu pujian seperti pola (chant), yang dipengaruhi irama tetabuhan, bernyanyi dan cara-cara mistik Rastafari. Tempo lebih lambat dari musik, pada waktunya untuk mendukung penyampaian pesan melalui lirik lagu yang terkait dengan tradisi Rastafari agama dan sosial-politik masalah humanistik dan universal.

Album "Catch A Fire" (1972), yang diluncurkan Bob Marley dan The Wailers dengan cepat terlempar ke luar reggae Jamaika. Popularitas reggae di Amerika Serikat ditunjang pula oleh film The Harder Mereka Ayo (1973) dan irama reggae yang dimainkan oleh musisi kulit putih seperti Eric Clapton, Paul Simon, 'Scratch' Perry dan Lee UB40. Irama reggae kemudian dapat mempengaruhi aliran musik dalam satu dekade setelah itu, sebut saja varian reggae hip hop, reggae rock, blues, dan sebagainya.

"Apa sih Reggae"

Reggae adalah kombinasi dari iringan tradisional Afrika, Amerika dan Blues dan rakyat (folk song) Jamaika. Ini sintesis gaya jelas menunjukkan keaslian Jamaika dan menempatkan ketukan pecah - pecah, memetik gitar atas, pola vokal yang 'khotbah' dan lirik yang masih sekitar Rastafari tradisi keagamaan. Meskipun keuntungan komersial yang sudah didapat dari reggae, Babylon (Jamaika), pemerintah yang ketat seringkali dianggap membatasi gerakan tetapi bukan aspek politis Rastafarinya. "Reg-ay" bisa dibilang muncul dari anggapan bahwa reggae adalah gaya Jamaika musik berbasis musik soul Amerika, tapi dengan irama yang 'dibalik' dan bass kain menonjol. Tema weve sering sekitar Rastafari, protes politik, dan rudie (pahlawan hooligan). Bentuk yang sudah ada sebelumnya (ska dan rocksteady) tampaknya menjadi pengaruh yang lebih kuat dari musik Afrika - meskipun gitar Amerika-nya juga mengisi 'lubang - lubang' kompleks iringan kosong dan drum. Dalam reggae kontemporer, drum diambil dari ritual Rastafarian cenderung mistis dan sakral, karena akan tempo lebih tenang dan dihiasi berat pada pesan, sosial, politik dan kemanusiaan.

Jenis Aliran Musik Jazz

23 Maret
Apakah Anda tahu bahwa genre jazz masih memiliki lagi mengalir di bawahnya. Ini dia, 20 aliran musik jazz ..........
1. Ragtime
Origins of jazz. Musik yang menyerupai musik Afrika dengan mengalahkan dan nada yang menyerupai musik asli dari Afrika. Vibrant, antusias, dan tanpa persiapan adalah karakteristik yang dapat dikenali dari ragtime. Karakter seperti Scott Joplin dan Ben Harney.

2. Klasik Jazz
Sering disebut "New Orleans Style". Bentuk asli dari band kuningan fitur pada tari dan pihak pada akhir 1800-an dan awal 1900-an. Alat musik dilengkapi dengan klarinet, saksofon, terompet, trombone, banjo, bass, gitar, drum dan piano. Improvisasi sangat ditekankan dalam permainannya dan aransemen musik dapat berbeda dari penampilan masing-masing.

3. Hot Jazz
Jenis jazz ditandai oleh solois berimprovisasi, struktur melodi yang khas, dan biasanya memiliki klimaks emosional dan "panas". Rhythm sectionnya biasanya disertai dengan gitar, bass, banjo, dan drum perlahan-lahan meningkat sehingga mencapai klimaks (crescendo). Karakter utama dari genre ini, tak lain dari Louis Armstrong.

4. Chicago Style
Chicago menjadi pusat kelahiran aliran ini yang inti utama adalah "pemain inventif". Ditandai dengan pengaturan yang inovatif dan harmonis, dan teknik berkinerja tinggi. Karakter utama seperti Benny Goodman, Bud Freeman, Edie Condon, dan Gene Krupa.

5. Ayunan
Pada tahun 1930-an ayunan pertama. Karakteristik utamanya: kuat dan menyegarkan. Ayunan musik dansa juga sering dikatakan. Sambil bermain kolektif, sebuah band ayunan untuk menunjukkan kinerja untuk berimprovisasi utamanya tunggal melodi. Karakter banyak tapi yang sering dijuluki sebagai Raja Swing Benny Goodman.

6. Kansas Gaya
Aliran ini lahir pada tahun 1920 Depresi Besar dan 1930 di Kansas City, Amerika Serikat. Karakteristiknya adalah biru sangat stylish dan penuh perasaan. Karakter seperti Charlie Parker.

7. Gypsy Jazz
Awalnya diperkenalkan oleh gitaris Perancis, Django Reinhardt. Sering dipengaruhi oleh musik rakyat (folk music) dari eropa timur. Sering dikenal sebagai Jazz Manouche. Karakteristik utamanya adalah: lesu, merasa menggoda, yang ditandai dengan "irama unik" dan "rhytms mengemudi".

8. Bebop
Dikembangkan pada tahun 1940-an. Masih mengandalkan improvisasi, dalam bop solois bebas mengeksplorasi chord untuk struktur chord masih di sana. Bebop berbeda dari swing, dan terutama menari musik. Bebop juga dasar untuk inovasi musik jazz. Playernya meliputi: Charlie Parker (saxophon) dan Dizzi Gillespie (trumpet).

9. Arus utama
Dilahirkan kembali dari aliran musik jazz yang tidak terlalu mengikat pada tahun 1970-an dan awal 1980-an. Aliran ini sering disebut Mainstream modern atau Bop Post, dan mempengaruhi aliran musik, seperti Cool Jazz, Classic, dan Hardbop. Mainstream juga sering diklasifikasikan sebagai aliran jazz yang tidak terlalu berhubungan dengan aliran historis dari musik jazz.

10. Vocalese
Sering disebut vokalis jazz. Menggabungkan lirik dan musik dalam sebuah solo instrumental. Di alam adalah bop, tetapi prioritas utama adalah menyanyi solo atau disertai dengan ensemble band kecil. Playernya meliputi: Eddie Jefferson dan Jon Hendricks.

11. Dingin
Sering digambarkan sebagai "campuran" bebop dan jazz swing. Aliran ini terbentuk akhir 1940-an dan merupakan "anak kandung" bebop yang menggabungkan ayunan dalam nada harmonis dan dinamis. Juga dijuluki "West Coast Jazz", karena banyak inovasi yang berasal dari pantai barat Amerika Serikat, terutama kota Los Angeles.

12. Sulit Bop
Salah satu aliran jazz lainnya, yang merupakan anak perusahaan dari bebop aliran. Hardbop lebih bernuansa melodi pada "soulful" dibandingkan bebop, dan terkadang dipengaruhi tema musik Rhythm & Blues dan musik Gospel. Salah satu inovatornya adalah pianis Horace Silver.

13. Bossa Nova
Campuran West Coast Cool, Harmonies klasik Eropa, dan Brasil irama Samba. Sering disebut dengan nama Jazz Brasillian, dan berkembang di Amerika Serikat sekitar tahun 1962. Playernya termasuk Joao Gilberto, Antonio Carlos Jobim, dan di Amerika adalah Charlie Byrd dan Stan Getz.

14. Gratis Jazz
Kadang-kadang juga disebut "Garde Avante". Solis dari free jazz bereksperimen dengan bebas (gratis) untuk musik. Ornette Coleman dan John Coltrane adalah contoh.

15. Jiwa Jazz
Berasal dari Hardbop cukup terkenal di awal 1960-an. Berimprovisasi dengan akor, seperti bop. Karakter seperti Horace Silver dengan piano Hammond-nya.

16. Alur
Sering disebut "state-of-tunas Jazz Soul". Groove sering menggunakan tone-tone musik blues dengan fokus terutama pada rhytms. Musik bernuansa dan sering menyentuh emosi pendengar bersemangat untuk tari, sedangkan blues lebih lambat. Solo improvisasi jarang digunakan dan lebih mengandalkan musik kolektif.

17. Fusi
Aliran ini merupakan campuran antara "jazz improvisasi" dengan energi dan irama musik rock. Namun, terkadang pencampuran ini sering dianggap sebagai bagian dari batuan dan bukan jazz. Aliran ini juga merupakan semacam musisi jazz "pemberontakan", khususnya aliran hardbop dari "puritan jazz", yang tampaknya untuk menahbiskan jazz yang harus, seperti yang sudah ada.

18. Afro-Cuban Jazz
Sering disebut sebagai Jazz Latin. Kombinasi jazz improvisasi dan irama musik Latin. Alat musik yang digunakan dengan instrumen musik jazz pada umumnya, tetapi lebih terfokus pada bagian irama conga instrumen, timbale, bongo dan instrumen latin lainnya. Karakter seperti Arturo Sandoval, Poncho Sanchez, Chucho Valdes dan.

19. Asam Jazz
Jazz asam sering dikatakan bukan genre musik jazz, karena lampiran yang lemah dengan sejarah musik jazz. Awalnya musik Inggris tari. Kemudian dikombinasikan dengan jazz klasik, Funk 70-an, Hip-hop, Soul dan musik latin, di mana fokusnya adalah musik instrumental dan bukan lirik. Akhirnya menghasilkan musik yang kaya improvisasi dengan musik terdengar "bercampur", dan sering disebut Acid Jazz. Jazz Asam Jazz.

20. Eropa Jazz
Pada akhir abad 20, musisi jazz Perancis dan negara-negara Skandinavia merasa bahwa ekspresi musik jazz Amerika telah kehilangan "rasa" nya di hari ini. Itu adalah awal dari sebuah gaya baru yang mereka ciptakan Jazz Eropa. Sebagai Jazz Asam, jazz Eropa berakar pada musik dance, dan mengkombinasikan dengan unsur musik house (musik disko dengan Funk dasar). Resultan suara lebih bernuansa digitaly dan electronicaly dan terasa kontemporer. Karakter seperti Bugge Wesseltoft, Nils Petter Molvaer, dan Solal Martial.

Itu hanya sekilas ke dalam aliran jazz yang diambil dari berbagai literatur jazz. Ada juga tokoh penting dalam musik jazz yang tidak dalam ringkasan di atas. Sekarang banyak musisi jazz baru dan vokalis, seperti Jammie Cullum, Renee Olstead, dan lain-lain, yang membuat batasan-batasan dalam aliran musik jazz sudah mulai kabur. Namun demikian, intinya bukanlah aliran itu sendiri, tetapi Jazz kini global.

Alternative Rock

Alternative Rock adalah genre rock yang muncul pada tahun 1980 dan menjadi sangat populer pada tahun 1990. Nama "alternatif" ditemukan pada tahun 1980 untuk menggambarkan band punk rock yang tidak sesuai dengan aliran punk rock pada saat itu. Sebagai jenis tertentu musik, rock alternatif memiliki berbagai sub-aliran, dari musik indie yang dimulai pada tahun 1980 dan menjadi populer pada tahun 1990, seperti indie rock, grunge, gothic rock, dan rock perguruan tinggi. Streaming dikonsolidasikan dengan merek dagang masing-masing.

Meskipun aliran sungai dihitung sebagai alternatif rock, tetapi beberapa sub-aliran dipengaruhi oleh musik rakyat, reggae, musik elektronik, dan jazz. Dalam periode ini, istilah yang digunakan untuk merujuk pada musik rock rock alternatif dari band-band underground pada tahun 1980an, punk rock (termasuk punk itu sendiri), dan untuk musik rock itu sendiri pada 1990-an dan 2000-an.

Contoh band yang menggunakan Batu bergenre Alternative: Nirvana

Blues

Blues adalah genre vokal dan instrumental yang berasal dari Amerika Serikat (AS).

Blues berangkat dari musik spiritual dan pujian yang muncul dari komunitas mantan budak Afrika di AS. Penggunaan catatan biru dan penerapan pola panggilan-dan-respons (di mana dua kalimat diucapkan / dinyanyikan oleh dua kalimat berurutan dan keduanya bisa dianggap sebagai "jawaban" bagi kalimat pertama) dalam musik dan lirik blues lagu bukti bahwa asal-usulnya berasal dari Afrika Barat. Dalam kelahiran era Blues hadir Pecinta banyak. Mereka mendengarkan, belajar, menulis, bermain, dan membuat album.

Musik Blues memiliki pengaruh besar pada musik populer Amerika dan Barat yang baru, seperti dapat dilihat dalam aliran ragtime, jazz, "blues-rock", "electric blues", bluegrass, rhythm and blues, rock and roll, hip- hop, dan negara, "reggae", serta musik rock konvensional.

Contoh menggunakan Blues bergenre: (Alm) Ray Charles

Klasik

Genre klasik adalah istilah luas yang biasanya mengacu pada musik yang dibuat di atau berakar pada tradisi seni Barat, mencakup periode dari sekitar abad ke-9 sampai abad ke-21.
Barat musik klasik sejarah

Contoh orang yang menggunakan Genre Klasik: Mozart

Negara
Negara Genre adalah campuran dari unsur musik Amerika yang berasal dari Amerika Serikat dan Pegunungan Appalachia Selatan. Musik ini berakar pada rakyat Amerika Utara lagu, Celtic musik, musik gospel, dan dikembangkan sejak tahun 1920-an. The Istilah musik country mulai digunakan sekitar tahun 1940-an untuk menggantikan dusun musik jangka berkesan merendahkan. Pada tahun 1970-an, musik country telah menjadi istilah istilah populer. Istilah lain untuk genre musik country dan barat, tetapi semakin jarang digunakan kecuali di Inggris dan Irlandia.

Contoh orang yang menggunakan Negara Genre: Taylor Swift

Mudah Mendengarkan

Easy Listening adalah genre yang mudah didengar oleh para pendengar musik. Biasanya genre ini biasanya dimainkan oleh Band-Band Indonesia. Easy Listening berarti mudah untuk mendengar, lagu-lagu yang memiliki makna dalam genre Easy Listening telah mudah menghafal lirik dan nada Lambat.

Contoh penggunaan Listening Band Genre Mudah: Ten2Five

Batu

Batu Genre adalah genre musik populer yang muncul umumnya di pertengahan 50-an. Akarnya berasal dari rhythm and blues, musik country dari 40 dan 50-an serta berbagai pengaruh lainnya. Selanjutnya, musik rock juga mengambil berbagai gaya musik, termasuk musik rakyat (folk music), jazz dan musik klasik.

Suara khas dari musik rock sering berkisar pada gitar listrik atau gitar akustik, dan menggunakan beat yang sangat halus kembali di rhythm section dengan gitar bass dan drum, dan keyboard seperti organ, piano atau sejak 70-an, synthesizer. Selain gitar atau keyboard, saksofon dan blues gaya harmonika kadang-kadang digunakan sebagai solo alat musik. Dalam bentuk murni, musik rock "memiliki tiga akord, melodi konsisten dan mencolok dan menarik bakcbeat".

Pada akhir 60-an dan awal 70-an, musk batu berkembang menjadi beberapa jenis. Dicampur dengan musik rakyat (folk music di Amerika Serikat) untuk folk rock, dengan blues blues-rock dan jazz dengan, perpaduan jazz-rock. Pada tahun 70-an, menggabungkan pengaruh batu dari jiwa, funk, dan musik latin. Juga di tahun 70-an, rock berkembang menjadi berbagai subgenre (sub-kategori), seperti soft rock, glam rock, heavy metal, hard rock, progressive rock, dan punk rock. Kategori 80s Sub batu mencuat tahun termasuk New Wave, hardcore punk dan rock alternatif. Pada 90-an ada grunge, Britpop, indie rock dan nu metal.

Contoh Band Genre penggunaan Rock: My Chemical Romance

Ketukan

Rap adalah salah satu unsur musik hip-hop. Rap adalah teknik vokal yang berbicara dengan cepat, sementara pelakunya disebut rapper. Biasanya, rap disertai dengan DJ atau band.

Biasanya, rapper seperti penyanyi biasa, bernyanyi solo. Contohnya termasuk Xzibit dan Jay-Z. Ada juga rapper yang menjadi anggota band, misalnya, Mike Shinoda dari Linkin Park. Umumnya, rapper hitam karena banyak rapper berasal dari pinggiran kota. Di antara rapper putih sedikit yang Eminem dan Sean Paul. Rapper sering disebut MC (Master of Ceremony).

Contoh orang yang menggunakan Rap bergenre: Igor Saykoji

Death Metal

Death metal adalah genre sub-musik heavy metal yang berkembang dari thrash metal pada awal tahun 1980. Beberapa lagu khasnya adalah tema kekerasan atau kematian, ritme gitar rendah (gitar rhythm downtuned), perkusi yang cepat, dan intensitas dinamis. Vokal biasanya dinyanyikan oleh gerutuan (kematian mendengus) atau menggeram kematian (kematian menggeram). Bernyanyi teknik seperti ini juga sering disebut "Cookie Rakasa vokal".

Contoh penggunaan Logam Band Genre Death: The Berzerker

J-Pop

J-pop adalah istilah yang digunakan untuk musik populer Jepang yang memasuki arus utama musik Jepang pada 1990-an. Istilah J-pop digunakan untuk membedakannya dari min'yo enka dan musik rakyat. "J-pop" dari akar musik modern tahun 1960-an seperti yang dimainkan The Beatles, dan mengganti kayokyoku (musik pop Jepang hingga 1980-an) di scene musik Jepang. Istilah J-pop diciptakan media Jepang untuk membedakannya dari musik asing, dan sekarang mengacu pada hampir semua musik populer di Jepang. Menurut data tahun 2006 dari Federasi Internasional Industri Phonographic, industri musik Jepang memiliki industri musik terbesar kedua di dunia di dunia, dan hanya berada di Amerika Serikat.

Contoh kelompok menggunakan J-Pop Genre: Arashi

New Age

Baru Abad Musik adalah sebuah sekolah musik yang mampu memberikan salah satu pengalaman berikut: positif, relaksasi, inspirasi, nyaman, semangat, ada unsur kebudayaan

oleh karena itu tidak mengherankan bahwa kita bisa mencintai usia musik baru dengan bahasa yang sama kita tidak mengerti sama sekali, atau lagu yang telah diciptakan beratus2 tahun yang lalu yang mungkin hanya dicipakan dengan alat musik dan pickup vokal

Musik adalah ekspresi jiwa.
Mungkin Anda pernah mendengar usia lagu baru harus mampu memahami mengapa Anda mencintai musik ini.

Contoh orang yang menggunakan Genre New Age: Paul Schwartz

R & B

R & B adalah genre musik populer yang menggabungkan jazz, Injil, dan blues, yang pertama kali diperkenalkan oleh musisi Afrika-Amerika. Pada tahun 1948, RCA Victor rekaman pemasaran perusahaan musik kulit hitam yang disebut Blues dan Rhythm. Pada tahun yang sama, Louis Jordan mendominasi lima besar R & B grafik dengan tiga lagu, dan dua dari lagu berdasarkan irama boogie-woogie ketenaran di tahun 1940-an. Jordan Band, Tympany Five (1938) terdiri dari dirinya sebagai vokalis dan pemain saksofon dengan musisi lain seperti terompet, saksofon tenor, piano, bass, dan drum.Istilah pertama kali digunakan sebagai istilah pemasaran dalam musik di Amerika Serikat pada tahun 1947 oleh Jerry Wexler yang bekerja di majalah Billboard. Istilah ini menggantikan musik ras istilah dan kategori Billboard Harlem Hit Parade pada Juni 1949. Pada tahun 1948, RCA Victor pemasaran musik hitam di bawah Blues nama dan Rhythm. Ungkapan dibalik oleh Wexler di Atlantic Records, perusahaan rekaman yang memimpin bidang R & B pada awal tahun.

Contoh orang yang menggunakan genre R & B: Justin Timberlake

J-Rock

J-Rock atau rock Jepang yang digunakan untuk merujuk pada genre musik rock di Jepang.

Aliran musik J-Rock menjadi populer di Indonesia berkat untuk popularitas anime ditayangkan di TV dengan lagu tema (soundtrack) penyanyi dan kelompok musik membawa Jepang.Sejarah J-Rock dimulai tahun 1957 dengan musik rock akrab di Jepang dalam hubungannya dengan popularitas puncak rockabilly yang merupakan salah satu gaya rock n roll '.

Rockabilly dimulai di klub-klub jazz berbagai melahirkan penyanyi rockabilly seperti Mickey Curtis, Masaaki Hirao, dan Keijiro Yamashita. Pada bulan Februari 1958, trio melakukan konser Westan Kanibaru I (Western Carnival I) di teater bernama Nihon Gekijo, Tokyo.

Pada akhir dekade 1950-an, popularitas rockabilly mulai surut digantikan era Kaba Popsu (cover pops) yang terdiri dari berbagai jenis musik. Di antara gambar mencakup muncul adalah musisi seperti Yuya Uchida dan Isao Bito berakar dalam genre rockabilly. Selain itu, cover pops dengan gaya Liverpool lahir Suara diikuti oleh kelompok popularitas musik seperti The Beatles di sekitar tahun 1963.

Contoh Band Siapa yang menggunakan J-rock bergenre: Arus & J-Rocks

Techno

Techno adalah genre musik yang menggunakan tema aliran futuristik. Techno musik juga digunakan di malam klub-klub dan musik ini biasanya dimainkan oleh DJ. Musik ini tidak dimainkan dengan alat musik tradisional seperti gendang, gitar, sasando, dll. Dia menggunakan instrumen seperti pembuat Dj Digital umum digunakan untuk remix nya musik yang ada menjadi futuristik bertema musik.

Contoh orang yang menggunakan Genre Techno: Daft Punk

Dunia

Dunia musik adalah istilah umum untuk kategori musik global, seperti musik tradisional atau musik rakyat dari budaya yang diciptakan dan dimainkan oleh musisi adat dan erat terkait dengan musik daerah asal mereka. Genre ini biasanya berisi lagu-lagu rakyat yang sangat panjang, misalnya Sekitar 0-800 AD bahkan sebelum Kristus

Contoh orang yang menggunakan Dunia bergenre: Aeson

Dangdut

Dangdut adalah salah satu genre musik yang berkembang di Indonesia. Bentuk musik berakar pada musik Melayu pada 1940-an. Dalam evolusi ke bentuk kontemporer sekarang memasuki pengaruh unsur-unsur musik India (terutama dari penggunaan tabla) dan Arab (pada bengkok dan harmonisasi). Perubahan arus politik Indonesia di akhir tahun 1960-an pengaruh musik barat membuka kuat dengan masuknya penggunaan gitar listrik dan juga bentuk pemasaran. Karena dangdut tahun 1970-an dikatakan telah matang dalam bentuk kontemporer. Dalam musik populer, dangdut sangat terbuka terhadap pengaruh bentuk musik lain, mulai dari keroncong, langgam, degung, kecapi, rock, pop, dan bahkan house music.

Penyebutan nama "dangdut" merupakan onomatope dari suara permainan tabla (dalam dunia drum yang disebut dangdut saja) dan didominasi oleh suara khas pedang dan ndut. Nama ini sebetulnya adalah sebutan sinis dalam sebuah artikel di awal 1970-an bagi bentuk musik melayu yang sangat populer di kalangan kelas pekerja saat itu.

Contoh orang yang menggunakan Genre dangdut: Rhoma Irama


sumber: genreemusik.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar